Selasa, 04 Desember 2012

Dasar Pemrograman Berorientasi Objek 1



Sedikit membagi pengetahuan gan.. ini waktu ane nempuh mk pts
semoga dapat membantu... :)

Pemrograman Berorientasi Objek 1

Teori Dasar

            Dalam paradigma pemrograman berorientasi objek dikenal kelas dan objek. Kelas merupakan
blue print dari objek-objek yang akan dibuat. Analogi kelas dan objek seperti rancangan model
rumah dan pembangunan rumah-rumah, adapun proses pembuatan objek dari kelas dikenal
dengan instantiasi.
Class :  Suatu cetakan untuk mencipkatan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/proprties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
public class TugasMateri {
}

Object :  Instant dari class. Jika class secara umum mempresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah refresentasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.
Tugas Matematika = new Matematika ();
Tugas Pemrograman = new Pemrograman ();
Tugas Sisdig = new Sisdig ();

  • Atribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya.Dalam class, atribut sering disebut sebagai variabel. Atribut dibedakan menjadi dua jenis yaitu Instance Variable dan Class Variable.Instance variable adalah atribut untuk tiap objek dari kelas yang sama. Tiap objek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri. Jadi, tiap objek dari class yang sama bokeh mempunyai nilai yang sama atau berbeda.Class Variable adalah atribut untuk semua objek yang dibuat dari class yang sama. Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. Jadi semua objek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang value nya sama.
  • Behavior/method adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu tugas (task).Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods. Methods sendiri adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara objek berkomunikasi dengan objek yang lain adalah dengan menggunakan method.

Method dapat melakukan:
1.Penghitungan Matematika
2.Manipulasi data
3.Memonitor kejadian dari suatu event

Jenis Method :
Ada 2 yaitu : Method dengan return value dan Method tanpa return value (Nilai yang dihasilkan saat dijalankan).
Contoh class, object, attributes, dan behavior:


Konsep Konsep PBO
1. Enkapsulasi (Encapsulation)
Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa ditentukan hak aksesnya. Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa C.
enkapsulasi berfungsi untuk memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam/dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengan
nya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.

Contoh dalam program
Belajar.Java
class belajar{
public String x =”Pintar”;
private String y = “Java”;
}
Pintar.Java
public class Pintar{
public static void main(String[]args){
Coba panggil = new Belajar();
System.out.println(“Panggil X : “+panggil.x);
System.out.println(“Panggil Y : “+panggil.y);
}}
2. Pewarisan (Inheritance)

Pewarisan merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass dan Class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya, disebut sebagai multilevel inheritance.
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda termasuk superclass.  Sepeda gunung termasuk subclass. Hal ini dikarenakan sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda.
Prinsip dasar inheritance yaitu persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan.
Contoh program javanya :
Simpan dengan nama SmartMahasiswa.java
Public class SmartMahasiswa extends Mahasiswa{
}
Simpan dengan nama Main.java
public class Main{
public static void main(String[] args]) {
SmartMahasiswa mhs = new SmartMahasiswa();
mhs.setNim(“1210651006”);
mhs.setNama(“Cindy Muzaijanah”);
mhs.printNim();
mhs.printNama();
}
}

3. Polimorfisme

Polimorfisme adalah kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Polimorfisme tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin. Metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
Contoh program java nya :
Simpan dengan nama CoolMahasiswa.java
public class CoolMahasiswa extends Mahasiswa{
public void printNama(){
System.out.println(“Hallo, saya Mahasiswa yang baik”);
Super.printNama();
}
}
Simpan dengan nama Main.java
public class Main{
public static void main(String[] args]) {
CooltMahasiswa mhs = new CoolMahasiswa();
mhs.setNim(“1210651006”);
mhs.setNama(“Cindy Muzaijanah”);
mhs.printNim();
mhs.printNama();
}
}



0 komentar:

Posting Komentar