Sedikit membagi pengetahuan gan.. ini waktu ane nempuh mk pts
semoga dapat membantu... :)
semoga dapat membantu... :)
Pemrograman
Berorientasi Objek 1
Teori Dasar
Dalam paradigma pemrograman berorientasi objek dikenal
kelas dan objek. Kelas merupakan
blue print dari objek-objek yang
akan dibuat. Analogi kelas dan objek seperti rancangan model
rumah
dan pembangunan rumah-rumah, adapun proses pembuatan objek dari kelas
dikenal
dengan instantiasi.
Class : Suatu
cetakan untuk mencipkatan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup
suatu object dengan kemiripan attributes/proprties, behaviour dan relasi ke
object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
public class TugasMateri {
}
Object : Instant dari class. Jika class secara umum mempresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah refresentasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.
Object : Instant dari class. Jika class secara umum mempresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah refresentasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.
Tugas Matematika = new Matematika ();
Tugas Pemrograman = new Pemrograman ();
Tugas Sisdig = new Sisdig ();
- Atribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya.Dalam class, atribut sering disebut sebagai variabel. Atribut dibedakan menjadi dua jenis yaitu Instance Variable dan Class Variable.Instance variable adalah atribut untuk tiap objek dari kelas yang sama. Tiap objek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri. Jadi, tiap objek dari class yang sama bokeh mempunyai nilai yang sama atau berbeda.Class Variable adalah atribut untuk semua objek yang dibuat dari class yang sama. Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. Jadi semua objek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang value nya sama.
- Behavior/method adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu tugas (task).Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods. Methods sendiri adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara objek berkomunikasi dengan objek yang lain adalah dengan menggunakan method.
Method dapat melakukan:
1.Penghitungan
Matematika
2.Manipulasi
data
3.Memonitor
kejadian dari suatu event
Jenis Method :
Ada 2 yaitu : Method dengan return value dan Method tanpa return value (Nilai yang
dihasilkan saat dijalankan).
Contoh class, object, attributes, dan behavior:
Konsep Konsep
PBO
1. Enkapsulasi
(Encapsulation)
Definisi
enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang
terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut.
Variabel dan method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa ditentukan hak
aksesnya. Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari
struktur dalam bahasa C.
enkapsulasi berfungsi untuk memastikan pengguna
sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam/dari sebuah objek dengan cara
yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk
mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan
bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengan
nya. Objek
lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek
tersebut.
Contoh
dalam program
Belajar.Java
class
belajar{
public
String x =”Pintar”;
private
String y = “Java”;
}
Pintar.Java
public
class Pintar{
public
static void main(String[]args){
Coba
panggil = new Belajar();
System.out.println(“Panggil
X : “+panggil.x);
System.out.println(“Panggil
Y : “+panggil.y);
}}
2. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan merupakan pewarisan atribut dan method
dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass dan
Class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass
bagi class lainya, disebut sebagai multilevel inheritance.
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung.
Sepeda termasuk superclass. Sepeda gunung termasuk subclass. Hal ini
dikarenakan sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh
sepeda.
Prinsip dasar inheritance yaitu
persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam
sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang
spesifik untuk kelas yang bersangkutan.
Contoh
program javanya :
Simpan
dengan nama SmartMahasiswa.java
Public
class SmartMahasiswa extends Mahasiswa{
}
Simpan
dengan nama Main.java
public
class Main{
public
static void main(String[] args]) {
SmartMahasiswa
mhs = new SmartMahasiswa();
mhs.setNim(“1210651006”);
mhs.setNama(“Cindy
Muzaijanah”);
mhs.printNim();
mhs.printNama();
}
}
Polimorfisme adalah kemampuan suatu obyek untuk
mempunyai lebih dari satu bentuk. Polimorfisme tidak bergantung kepada
pemanggilan subrutin. Metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman
pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim.
Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan
menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama,
dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang
sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut
polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang
berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program
yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda
dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang
mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
Contoh
program java nya :
Simpan
dengan nama CoolMahasiswa.java
public
class CoolMahasiswa extends Mahasiswa{
public
void printNama(){
System.out.println(“Hallo,
saya Mahasiswa yang baik”);
Super.printNama();
}
}
Simpan
dengan nama Main.java
public
class Main{
public
static void main(String[] args]) {
CooltMahasiswa
mhs = new CoolMahasiswa();
mhs.setNim(“1210651006”);
mhs.setNama(“Cindy
Muzaijanah”);
mhs.printNim();
mhs.printNama();
}
}
0 komentar:
Posting Komentar